Posted in Expression

Free Writing Practice from Writing Down the Bones

Assalamu’alaikum everyone!

Here are the wonderful tip of free writing practice!

For me and for someone who is getting a writer’s block! πŸ™‚

(My dear sis, I miss to read your posts!)

writing down

Author Natalie Goldberg says to β€œburn through to first thoughts, to that place where energy is unobstructed by social politeness or the internal censor.” Here are some of her rules of free writing practice from Writing Down the Bones, which we recommend you keep in mind:
β€’ Keep your hand moving. (Don’t pause to reread the line you’ve just written. That’s stalling and trying to get control of what you’re saying.)
β€’ Don’t cross out. (That is editing as you write. Even if you write something you didn’t mean to write, leave it.)
β€’ Don’t worry about spelling, punctuation, grammar. (Don’t even care about staying within the margins and lines on the page.)
β€’ Lose control.
β€’ Don’t think. Don’t get logical.
β€’ Go for the jugular. (If something comes up in your writing that is scary or naked, dive right into it. It probably has lots of energy.)
Jorge Luis Borges said: β€œWriting is nothing more than a guided dream.” So, what are you waiting for? Get writing. Fifteen minutes. Go. And then, do it again tomorrow, and the day after, and the day after.

(I only retyped it!)

Source: Writing 101

Advertisements

Author:

I'm a teacher in Islamic Elementary School. Hand lettering is my new hobby, but I like it so much. Here, I wanna master it n all the genre of my writing.

28 thoughts on “Free Writing Practice from Writing Down the Bones

    1. Salam kenal juga, 😊 oh silahkan sj. Tp sy jg msh belajar, menulis dlm bhs Inggris ternyata sebuah tantangan. Kalo ukhti punya WA ato Fb, kita bisa ngobrol di situ. Di sini juga boleh! Mksih ya!😍

      Like

    1. Awalnya sih klik sana sini, trus ketemu info ttg ini dr wordpress jg, dftr ja langsung wktu itu. Tp sekarang udah tutup utk bln nh. Kegiatan ini smp hr 20, dr senin-jumat. Sepertinya utk bln depan ada lg. Insya Allah sy ksh kbr kl ada info utk bln depan. Oh ya, sy lihat tulisan bahasa Indonesianya oke tuh. Bhsa Inggris kacau sh biasa, cuek ja, yg penting mau belajar, wjr kn msh kacau jg, bkn bhsa kita, πŸ˜… Keep writing!

      Like

      1. Oh gitu ya, iya tadi pas sy liat waktu mau sign up kok gak bisa. Itu kaya community writer gtu kah? hehe makasih, maunya sih post pake english terus gitu tapi jadinya billingual deh, mash blajar trus englishnya πŸ˜‰ Kaka udah lama ya suka ngeblog? tulisannya udah banyaak πŸ˜€

        Liked by 1 person

        1. Iya, jd privat. Yg bisa log in hanya partisipan sj. Di dashboard sy selain Ishlah ada The Common, jd kita bisa lihat tulisan tmn2 yg lain di situ, bgtu. Gpp, kita melangkah dr awal kan? step by step. Saya juga awalnya sama, nulis pk B. Indonesia dulu, tp kebanyakan tmn2 blogger kn dr luar, ya akhirnya maksain pk B.Inggris, emang ada niat utk menjadi penulis dlm B.Inggris, mohon do’anya ya. Sy ngeblog br satu tahun. Tgl 12 April kmrn pas setahun, ada kok post khusus ttg ” Ishlah: One year in blogging.”

          Liked by 1 person

              1. Iya gpp ka πŸ™‚ iya itu campur sama hasil translate hehe. Aku dulu sebenernya ada blog jg ka cuma gak pernah di upgrade abis itu ada error” gitu, terus bikin lagi baru awal April ini ka, ini jg pertama kalinya aku coba pake wordpress πŸ™‚

                Liked by 1 person

                1. Trims kl gitu, senengnya punya temen baru lagi! πŸ™‚ Sy punya bbrp blog di blogspot, cuma di sana sepi….he..he, akhirnya banting setir ke wordpress and ganti bahasa juga, alhamdulillah cukup rame dan hangat. Saya mlh lebih sering nongkrong di sini ketimbang sosmed. Sungguh lho Dik, ngeblog di wordpress, asyik,,, FUN banget! Barusan mampir ke blog Dik Eza juga, baca yg English- nya… Terus menulis ja, bahsa Inggrisnya baik ko! Tetap konsisten ja menulis B.Inggris! πŸ™‚

                  Like

                  1. Sama” ka, sy juga seneng πŸ™‚ sy jg ada bbrp di blogspot tapi sepi” juga, baru coba disini ternyata menyenangkan. Sy jg gak suka maen di socmed ka, terlalu bnyk macemnya pdhl temennya jg sama aja dr alumni sekolah smua, kebetulan suka nulis, eh baru ngerasain skrg asyiknya ngeblog, agak telat sih tp gpp better late than never. Makasih ya ka udah mau mampir πŸ™‚

                    Liked by 1 person

                    1. Alhamdulillah, Dik! Tanpa sengaja kita ketemu di sini. Ini adalah anugerah dari Allah, mudah2an memberi kebaikan utk kita. Sejak ikut wriitng 101, saya ketemu bbrpa blogger dr Indonesia, seneng banget. Soalnya, saya jarang2 ngobrol begini di blog, pk B.Indo… he..he,, sekarang terasa begitu hangat. Saya suka blog Adik. Dik Eza gak telat, krn masih muda dah mulai ngeblog, saya yg telat Dik, udah punya anak, br ngeblog. πŸ˜€ Terima kasih juga dah mampir, maaf gak dikasih makan dan minum… he..he

                      Like

                    2. Alhamdulillah ka, dari awal sy juga pengen bisa ngobrol bnyak dan saling share begini, kalo ilmu kan maunya dicari terus ya ka πŸ™‚ trima kasih loh ka, skrg rasanya jd punya dunia baru yg seru πŸ˜€ gapapa ka ntar makan minumnya beli sendiri di warung sebelah hehe

                      Liked by 1 person

                    3. Iya, saling berbagi saja DIk. Nih, sy juga sling lempar komen dan share dgn teman2 ttg tugas har ini, Sy masih punya PR nih, masih bingung mau nulis apa. Makanya saya nanya ke tmn2 sana yg udah paham ttg tugas tantangan hr ini. Saya ikut seneng Dik. Oke, silahkna dilanjut ya, hem, sy tinggal sebentar ya buat ngerjain PR, insya Allah kita bicara2 lg nanti… Oh iya, kl mo ke warung sebelah, nitip ya! πŸ˜€

                      Like

Please share your minds with me! Thank you!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s